Sampuran Pandumaan (Tobasa Nauli part I)

Sampuran pandumaan

Horas ma dihamu...
Kali ini saya ingin memperkenalkan beberapa objek wisata yang ada di kampung saya yang ada di Kabupaten Toba Samosir dimana Bupati saat ini yang menjabat adalah Ir. Darwin Siagian. Mungkin banyak yang belum tau tentang objek wisata alam yang ada di Kabupaten Toba Samosir, salah satu objek wisata yang akan saya kenalkan kepada kalian, wisata yang pertama itu adalah Air Terjun Sampuran. Nuansa alam bebas yang mengelilingi objek ini akan sangat disukai para wisatawan petualang (backpacker). Hutan yang masih sangat lebat dan pepohonan yang sangat rimbun akan membawa para wisatawan serasa berada di alam bebas.
Air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Sama halnya dengan Air Terjun Sampuran yang berada di kawasan Desa Hutanamora, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara.
Kondisi alam disekitar air terjun yang sepertinya belum banyak terjamah manusia, memberikan kenikmatan tersendiri bagi para pengunjung wisata ini. Hutan yang masih rimbun dan lebat menjada ketersediaan sumber air terjun ini. Airnya sangat dingin dan segar dan kualitasnya masih sangat bersih dan jauh dari pencemaran lingkungan sangat menyejukkan ketika dinikmati.
Mengingat keasrian lokasi wisata ini, memang memberikan kesulitan tersendiri untuk mengunjunginya. Setelah melakukan perjalanan dengan kendaraan roda dua atau roda empat selama kurang lebih 45 menit dari Kota Balige menuju Desa Hutanamora, dan dari Desa Hutanamora menuju lokasi air terjun ini, hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 60 Menit. Untuk para wisatawan pencinta alam, tantangan ini akan memberikan kepuasan tersendiri untuk menaklukkan medan menuju air terjun ini.

*Bagi para wisatawan yang suka berpetualang, mungkin bisa mencoba untuk menaklukkan dan menikmati panorama alam di air terjun Sampuran ini. Mauliate!!!
Sumber/ Photo : Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir

Komentar