SIPARDALAN NEWS: 7 Kabupaten Yang Mendiami Danau Toba



SIPARDALAN NEWS: 7 Kabupaten Yang Mendiami Danau Toba
Horas donganss

Kalau membahas Danau Toba ini tidak pernah akan habis habisnya dan saya jamin tidak akan pernah bosan. mulai dari terjadinya danau ini dan wisata-wisata yang ada saat ini. Kalau kita berwisata ke Danau Toba, kita pasti akan mendapati kawasan yang sejuk karena dikelilingi oleh perbukitan hijau dan pegunungan.
Padanya mengalir air terjun yang menawan. Pemandian air hangat, hutan lindung, serta barisan pohon enau dan pinus turut menambah daya tariknya. Fauna-nya pun unik. Terdapat pemisahan yang jelas antara fauna di bagian utara dan selatan. Di utara ada lutung, orangutan, dan beberapa jenis monyet, sedangkan di selatan ada monyet lingur, tapir, dan ingkir.

Di danau ini banyak yang bisa kita lakukan, bisa bermain jetski, menaiki banana boat, berperahu, mencoba tantangan wahana, atau menyaksikan balap perahu dan tarian adat setempat. Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di dunia yang terletak di Sumatera Utara. Kedalaman Danau Toba sekitar 450 m, dengan panjang 87 km dan lebar 27 km. Begitu  juga dikenal sebagai danau terdalam di dunia sekaligus danau terbesar ke-2 di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Luas bukan?? sangking luasnya dongans, danau toba ini ternyata terdapat 7 kabupaten yang mendiami danau toba ini. siapa saja pemiliknya??? 

7 Kabupaten yang ada di Danau Toba :

1. Kabupaten Simalungun 
Kabupaten Simalungun
Kabupaten Simalungun termasuk kabupaten yang mengeliling danau toba. Suku Batak Simalungun adalah penduduk asli dari yang mendiami kabupaten ini. Bupatinya saat ini adalah J.R Saragih yang sedang bertugas untuk periode kedua 2010-2015Ibu kota Kabupaten Simalungun adalah Pematang Raya. Parapat adalah daerah wisata utama kabupaten ini.

2. Kabupaten Toba (Tobasa/Toba Samosir)
Kabupaten Toba Samosir
Kalian pasti bingung dengan penyebutan nama kabupaten ini, kenapa ada Samosirnya?? Padahal ada juga kabupaten Samosir. Jadi, begini dongans dulu sebelum kabupaten ini dimekarkan, wilayah ini masih termasuk milik kabupaten Tapanuli Utara. Setelah tahun 1999, dimekarkanlah menjadi kabupaten Toba Samosir. Wilayahnya pun meliputi wilayah sekarang dan wilayah milik Kabupaten Samosir saat ini. Tahun 2003, Kabupaten Toba Samosir kembali dimekarkan dan terbentuklah kabupaten Samosir. Jadi, penggunaan nama Kabupaten ini tetap melekat nama 'Samosir', dan saat ini sering disebut kabupaten Tobasa. Kabupaten Toba Samosir ini beribukota di Balige. Penduduk aslinya adalah Suku Batak Toba. Bupati Toba Samosir saat ini adalah Ir Darwin Siagian. Wisata Tobasa yang menjadi andalan adalah Pantai Lumban Bulbul dan Air terjun Situmurun.
3. Kabupaten Tapanuli Utara
Kabupaten Tapanuli Utara
Kabupaten Tapanuli Utara adalah kabupaten induk dari tiga kabupaten (Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Samosir). Setelah dimekarkan menjadi beberapa kabupaten tersebut, wilayah Tapanuli Utara yang ikut mengelilingi Danau Toba adalah Muara. Kabupaten Tapanuli Utara beribukota di Tarutung dan Bupati saat ini adalah Nikson Nababan. Bandara Silangit yang terletak di Siborong-borong adalah bandara yang sedang dalam tahap pelebaran, agar dapat lebih muda lagi untuk berkunjung/berwisata ke daerah Tapanuli Raya dan tidak memakan waktu yang lama, karena setiap orang yang ingin berkunjung atau berwisata ke daerah Tapanuli harus menempuh jalur darat, waktu tempuhnya dari Medan pun sekitar 5 jam bahkan lebih. Penduduk asli kabupaten Tapanuli Utara adalah suku Batak Toba.

4. Kabupaten Humbang Hasundutan
Kabupaten Humbang Hasundutan
Kabupaten ini dimekarkan pada tahun 2003, beribukota di Dolok Sanggul. Bupati saat ini adalah Dosmar Banjarnahor. Kabupaten Humbang Hasundutan juga sering disingkat menjadi HUMBAHAS. Pernahkah Dongans mendengar daerah Bakkara?? Bakkara (Bakara) adalah nama sebuah wilayah di pinggiran barat daya Danau Toba, dekat Muara dan dalam wilayah administratif Kecamatan Baktiraja, Kabupaten HUMBAHAS. Bakkara juga adalah tempat lahir Raja Singsingamangaraja XII.
Sebuah teritori yang terdiri dari beberapa dusundan desa terhampar di lembah yang berjarak belasan kilometer dari Dolok Sanggul. Dibelah oleh dua aliran sungai besar yang berair deras. Sungai terbesar yang dominan adalah Aek Silang yang bersumber dari air terjun yang tercurah dari bentangan perbukitan. Sungai kedua yang lebih kecil bernama Aek Simangira. Keduanya mengaliri beberapa desa dan bermuara di Danau Toba. Suku asli kabupaten Humbang Hasundutan adalah suku Batak Toba.

5. Kabupaten Dairi
Kabupaten Dairi
Kabupaten Dairi beribukota di Sidikalang dengan bupati saat ini adalah KRA Johnny Sitohang Adinegoro, Suku asli yang mendiami daerah kabupaten Dairi adalah suku Batak Pak-pak. Kabupaten Dairi terkenal dengan Tao Silalahi, sedikit unik karena daerah itu yang berdomisili marga dari Silahisabungan.  Hamparan pantai yang indah diperkirakan dapat mencapai 28 km. Perairan Danau Toba di Kecamatan Silahisabungan merupakan palung terdalam yang ada di dunia, dengan kedalaman mencapai 905 meter. Tao Silalahi juga merupakan bagian dari Danau Toba yang paling luas.

6. Kabupaten Karo
Kabupaten Karo
Kabupaten Karo juga termasuk kabupaten pemilik Danau Toba, ibukota kabupaten ini terletak di Kabanjahe. Bupati saat ini yang menjabat adalah Terkelin BrahmanaTongging merupakan sebuah Desa yang terletak disebelah utara Danau Toba. Tepatnya terletak di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Desa Tongging termasuk tempat terbaik untuk melihat panorama alam Danau Toba di atas ketinggian 900 mdpl. Dengan Lokasinya diatas bukit, membuat dongans dapat melihat keindahan danau toba dengan leluasa. Rute jalan untuk dapat sampai ke Desa Tongging ini hampir sama saat anda mengunjungi Air Terjun Sipiso-piso. Dongans bisa lihat pada artikel sebelumnya yang berjudul Merasakan Derasnya Hempasan Air Terjun Sipiso-Piso. Suku asli yang mendiami Kabupaten Karo adalah suku Batak Karo.

7. Kabupaten Samosir 
Kabupaten Samosir
Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, Kabupaten Samosir ini adalah kabupaten yang dimekarkan dari kabupaten Toba Samosir sebagai kabupaten induk. Setelah dimekarkan Kabupaten Samosir beribukota di Pangururan sebagai Bupati saat ini adalah Drs. Rapidin Simbolon, MM. Pada artikel sebelumnya saya sudah menceritakan saat jaman dulu Pulau Samosir yang kia kenal saat ini daratannya bersatu dengan daratan sumatera. Saat itu hanya yang dikenal adalah daerah Samosir bukan Pulau Samosir1905 Pemerintah Hindia Belanda memerintahkan kepada Tentara Belanda yang ada di Sumatera Utara, untuk melakukan kerja paksa menggali tanah sepanjang 1,5 km dari ujung lokasi Tajur sampai dengan Sitanggang Bau. Sejak saat itu lah dikenalkan Samosir sebagai Pulau baru seperti yang kita kenal saat ini. Mengenai wisata andalannya Kabupaten Samosir adalah daerah Tomok. Suku asli yang mendiami di Kabupaten Samosir adalah suku Batak Toba.
Gubernur Sumatera Utara dan 7 Bupati Tandatangani Rencana Aksi Penataan Danau Toba
Demikian Dongans tujuh kabupaten yang memiliki wilayah Danau Toba, semoga info ini sangat bermanfaat untuk kalian. Danau Toba ini sangat besar kan dongans?? buat akka dongan yang penasaran ingin travellingjangan segan segan ya. Bahkan jika ingin berlibur hingga tujuh kabupaten ini, mungkin mulai dari sekarang menyiapkan jadwal liburan kalian, karena tidak akan cukup seminggu untuk melakukan travelling. Apalagi saat ini pemerintah serius melakukan penataan Danau Toba, jadilah saksi kebangkitan Danau Toba..
Horas, Mauliate

Komentar

  1. 7 kabupaten menuju Daerah Khusus Istimewa[DKI]Danau Toba.5 tahun - 10 tahun yg akan datang

    BalasHapus
  2. kita aminkan saja tulang ya. Gbu

    BalasHapus
  3. saran dari saya untuk meningkatkan wisatawan ke danau toba sebaiknya dibuatkan penerbangan Bali - Silangit dan sebaliknya. karena orang luar mengenal indoneria itu adalah Bali. menurut saya itu sangat efisien bagi mereka(bule) dalam hal waktu dan materi. saya yakin jik itu ada pasti wisatawan di danau toba pasti meningkat. salam sukses danau toba.

    BalasHapus
  4. kalau rute bali-silangit langsung sepertinya belum terpikirkan oleh beberapa maskapai yang ada. karena kalau dari bali ke silangit sudah ada dan transit dulu dr medan. intinya saat ini Silangit sedang proses pelebaran pembangunan semoga bisa berdampak. salam anak Toba. Horas

    BalasHapus

Posting Komentar