SIPARDALAN NEWS: Gereja tertua di Tobasa


Masih ingat sama foto diatas?
Saat Judika dan Duma diberkati menjadi pasangan suami istri, dimana pemberkatan yang dilakukan 3 tahun yang lalu dilaksanakan di gereja HKBP Balige. 


Plangkat tulisan HKBP Balige Resort Balige
Gedung gereja HKBP Balige
Gedung gereja dari samping
Nah, saat pertama kali beribadah di gereja sini saya langsung teringat kalau gereja ini adalah tempat pemberkatan Judika dan Duma. Saat melakukan cek dan ricek saya tertarik dengan gereja ini, ternyata gereja ini cukup unik dongans. Kenapa saya bilang unik karena saya baru sadar gereja ini terbuat dari bahan kayu. HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) Balige ini letaknya tak jauh dari pasar Balige, berdiri pada tahun 1861 dimulai oleh lembaga penginjilan dari Jerman. Namun secara fisik bangunan saat ini sudah dibangun sejak tahun 1923 hingga 1926. Saat kita memasuki pintu gereja, disana terdapat pigura dua orang diantaranya pendeta yang mendirikan HKBP yakni Opp Nommensen dan Bilgram, misionaris yang menyebarkan agama Kristen pertama kali di Balige. Kedua gambar tersebut dikhususkan untuk menghargai kedua tokoh tersebut. 
Terdapat foto Nommense dan Bilgram
Setelah itu kita akan menemukan isi dalam gereja terbuat dari bahan kayu. Tak hanya itu saja, mimbar tempat khotbah pendeta terbuat dari kayu. Bahan material kayu juga tampak dari pintu dan jendela bangunan tersebut. Namun jika dilihat dari luar, gereja sengaja dicat berwarna putih. Diatas menara juga ada lonceng tertua sama dengan adanya agama Kristen di Balige. 

suasana di dalam semua terbuat dari bahan kayu

suasana HKBP Balige saat sedang beribadah
Tempat Khotbah pun terbuat dari bahan kayu
Saat kita keluar terdapat tulisan 'MULAK MA HAMU DIBAGASAN DAME DOHOT LAS NI ROHA'



Nah, ternyata disamping gereja kayu ini ada gereja yang masih milik HKBP dibangun pada tahun 1954, gereja ini disebut gereja Ina, gereja berwarna coklat ukurannya tidak terlalu besar diperuntukkan untuk ibu-ibu menyusi dan membawa anak kecil. Hal ini dimaksudkan untuk tidak mengganggu jalannya kebaktian di gereja utama. Saat beribadah di gereja ini dipimpin oleh pendeta, namun pendetanya adalah wanita.


Gereja Ina 

Gereja Ina
Bagaimana dongans?? tertarik mengunjungi gereja ini dan ingin melihat suasana ibadahnya?? Buat dongans yang sedang berliburan ke daerah Tobasa dan kebetulan berada saat hari minggu dan bingung ingin beribadah di gereja mana, datang lah ke HKBP Balige gereja tertua di Tobasa. Horas!!!
Mauliate...
MS

Komentar